Hari: Selasa Tanggal: 30 Agustus 2016

Informasi Publik

Layanan ini berisi  tentang Prosedur Pelayanan Informasi di Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang, hal mana berpedoman pada Undang-Undang Nomor : 14 Tahun 2008 Tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK, SK KMA Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 Tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan sebagai pengganti  SK Ketua Mahkamah Agung RI nomor 144 tahun 2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan

Index Berita
Layanan ini memberikan ulasan singkat mengenai berita-berita seputar PN.Sidrap, atau berita-berita lain seputar dunia peradilan, dan dalam halaman index tersebut kami menyiapkan link agar anda dapat melanjutkan membaca berita secara lengkap dan dapat pula memberikan komentar atas berita yang termuat
Jadwal Sidang
Layanan ini merupakan layanan pemberian informasi jadwal sidang yang biasanya terpampang digedung PN. Sidrap, namun untuk memberikan pelayanan prima kami menempatkan hal tersebut dalam web kami agar masyarakat dapat mengetahui sidang yang sedang diagendakan pada hari ini
Info Perkara
Layanan ini merupakan layanan informasi terlengkap dan termodern di Pengadilan Negeri yang berbasis komputerisasi, dengan layanan ini anda dapat menelusuri segala hal yang terkait dengan suatu perkara, mulai dari didaftarnya suatu perkara hingga perkara tersebut selesai.
BERITA TERBARU

PELAKSANAAN PENDAFTARAN GUGATAN TINGKAT PERTAMA

  1. Penggugat atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan gugatan yang ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri pada Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang di Meja 1 bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi :
    a. Surat Permohonan / Gugatan ;
    b. Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat);
  2. Gugatan dan Surat Kuasa Asli harus mendapat persetujuan dari Ketua Pengadilan Negeri Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang;
  3. Setelah mendapat persetujuan, maka Penggugat / Kuasanya membayar biaya gugatan / SKUM di Kasir;
  4. Memberikan SKUM yang telah dibayar ke Meja 2 dan menyimpan bukti asli untuk arsip.
  5. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Gugatan dari Meja 2.
  6. Menunggu Surat Panggilan sidang dari Pengadilan Negeri Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang yang disampaikan oleh Juru Sita Pengganti.
  7. Menghadiri Sidang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan

PELAKSANAAN PENDAFTARAN GUGATAN TINGKAT BANDING

  1. Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan permohonan kepada Pengadilan Negeri Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang  di Meja 3 bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi :
    a. Surat Permohonan Banding;
    b. Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat);
    c. Memori Banding
  2. Pemohon / Kuasanya membayar biaya gugatan / SKUM di Kasir;
  3. Memberikan SKUM yang telah dibayar ke Meja 3 dan menyimpan bukti asli untuk arsip.
  4. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Permohonan dari Meja 3.
  5. Menunggu Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Berkas (Inzage), Pemohon diberikan jangka waktu 14 hari untuk datang ke Pengadilan Negeri setempat untuk mempelajari berkas.
  6. Menunggu Surat Pemberitahuan Kontra Memori Banding dan salinan Kontra Memori Banding.
  7. Menunggu kutipan putusan dari Pengadilan Tinggi yang akan disampikan oleh Juru Sita Pengganti.

PELAKSANAAN PENDAFTARAN GUGATAN TINGKAT KASASI

  1. Pemohon atau melalui Kuasa Hukumnya mengajukan permohonan kepada  Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang di Meja 3 bagian Perdata, dengan beberapa kelengkapan/syarat yang harus dipenuhi :
    a. Surat Permohonan Kasasi;
    b. Surat Kuasa yang sudah dilegalisir (apabila menggunakan Advokat);
    c. Memori Kasasi
  2. Pemohon / Kuasanya membayar biaya gugatan / SKUM di Kasir;
  3. Memberikan SKUM yang telah dibayar ke Meja 3 dan menyimpan bukti asli untuk arsip.
  4. Menerima tanda bukti penerimaan Surat Permohonan dari Meja 3.
  5. Menunggu Surat Pemberitahuan Pemeriksaan Berkas (Inzage), Pemohon diberikan jangka waktu 14 hari untuk datang ke Pengadilan Negeri setempat untuk mempelajari berkas.
  6. Menunggu Surat Pemberitahuan Kontra Memori Kasasi dan salinan Kontra Memori Kasasi.
  7. Menunggu kutipan putusan dari Mahkamah Agung yang akan disampaikan oleh Juru Sita Pengganti.

 

 

Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang memberikan layanan bantuan hukum bebas biaya (gratis) melau Pos Bantuan Hukum (Posbakum) kepada masyarakat luas pencari keadilan.

 LAYANAN POSBAKUM MELIPUTI:

1. Konsultasi hukum.

2. Penyediaan Advokat untuk kasus pidana atau perdata.

3. Pembebasan biaya perkara untuk kasus pidana maupun perdata.

 

MEKANISME DAN PERSYARATAN POS BANTUAN HUKUM (POSBAKUM) DI PENGADILAN NEGERI SIDENRENG RAPPANG

Adapun mekanisme dan persyaratan untuk mendapatkan bantuan hukum pada Posbakum tersebut sebagaimana yang telah ditentukan , antara lain :

  1. Mengajukan permohonan secara tertulis/lisan yang berisi sekurang-kurangnya identitas Pemohon dan uraian singkat mengenai pokok permasalahan yang dimohonkan Bantuan Hukum, dengan mengisi formulir yang telah disediakan.
  2. Menyerahkan dokumen yang berkenaan dengan perkara.
  3. Melampirkan surat keterangan miskin dari lurah, kepala desa, atau pejabat yang setingkat di tempat tinggal Pemohon Bantuan Hukum; atau
  4. Surat Keterangan Tunjangan Sosial lainnya seperti Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT); atau
  5. Surat Pernyataan tidak mampu membayar jasa advokat yang dibuat dan ditandatangani oleh Pemohon Bantuan Hukum dan diketahui oleh Ketua Pengadilan.
 Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui meja informasi Pengadilan Negeri Sidenreng Rappang







INFORMASI DAPAT ANDA PEROLEH DENGAN MENGGUNAKAN FASILITAS WEBSITE INI, NAMUN BILA ANDA BELUM MERASA JELAS, SILAHKAN DATANG KE BAGIAN INFORMASI PENGADILAN NEGERI SIDENRENG RAPPANG





TIM IT PN SIDRAP:

standarisasi website untuk seluruh badan peradilan di bawah naungan Mahkamah Agung





Reliabel, Akuntabel, Melayani, Animo, Harmoni  (RAMAH)


DIREKTORI PUTUSAN

silahkan klik kanan pada bagian judul dan buka tab baru untuk membuka direktori putusan PN Sidrap di Mahkamah Agung

BANTUAN HUKUM

silahkan klik kanan pada bagian judul dan buka tab baru untuk mengetahui hal-hal menyangkut bantuan hukum di Pengadilan Negeri Sidrap

PENDAFTARAN PERKARA

silahkan klik kanan pada bagian judul dan buka tab baru untuk mengetahui prosedur pendaftaran perkara di Pengadilan Negeri Sidrap

STATISTIK PENGADILAN

silahkan klik kanan pada bagian judul dan buka tab baru untuk mengetahui statistik perkara Pengadilan Negeri Sidrap

PENGADUAN

silahkan klik kanan pada bagian judul dan buka tab baru jika anda ingin mengajukan aduan

AGENDA
Nama Agenda : Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Bapak Mastur,SH sebagai Panitera Pengadilan Negeri Sidrap
Waktu : Senin, 01 Februari 2016
Tempat : Pengadilan Negeri Sidrap
Selanjutnya >>
Copyright 2015. Design By Pengadilan Negeri sidrap
peta situs